Insight Dari Google Mobile Leadership Program.Twitter


mobile-leadership
Sebagai primadona digital saat ini, Google sering mengadakan diskusi dan membagikan ilmu pada para penggiat digital marketing Indonesia maupun developer. Baru-baru ini Google mengadakan acara Google Mobile Leadership Program yang bertempat di kantor Google Indonesia.
Dari namanya saja, Google mengajak para digital marketer untuk melihat kekuatan mobile device yang pelan tapi pasti bakalan menyamai PC/desktop sebagai device yang digunakan orang ketika menggunakan internet.
Dari data yang dikeluarkan Google, jelas terlihat bahwa hasil studi Nielsen tersebut menunjukkan Indonesia merupakan pasar yang pertumbuhannya sangat cepat untuk smartphone dan paling tinggi se-Asia. Mayoritas dari para pengguna internet menggunakan smartphone, dan masing-masing individu memiliki lebih dari 1 smartphone.
Diskusi yang dibuat santai tapi serius ini, Google membuka mata para marketer terhadap besarnya peluang di mobile device dimana usernya mayoritas adalah perempuan usia 40 – 49 yang ternyata banyak menghabiskan waktu dengan berinternet ria termasuk membuka Youtube.
Memang proses atau alur pembelian barang seorang konsumen saat ini banyak melewati fase mencari informasi dan membanding-bandingkan diantara website satu dengan website lainnya, selain dari segi konten dan promo, yang perlu diperhatikan adalah kemudahan akses di sisi mobile. Apakah website sudah responsive atau belum maksudnya bisa langsung menyesuaikan dengan ukurang device sehingga konsumen tidak kesulitan membaca konten yang ada di dalam website. Tombol yang ada apakah sudah sesuai dengan besarnya jari atau jempol konsumen, dan kemudahan konsumen menjangkau si penjual, entah telepon atau form pemesanan yang lagi-lagi dibuat mudah diisi.
Itulah yang saat ini perlu dipersiapkan untuk semua marketer yang menggunakan digital atau website sebagai media pemasarannya. Apalagi Google belum lama ini mengeluarkan update terbaru untuk search engine algorithm – nya yang dinamakan Mobilegedon, dimana website yang belum mendukung mobile version bakalan tidak mendapatkan tempat prioritas.
Makanya, sebagai marketer di dalam digital marketing Indonesia maupun web designer, perlu disiapkan platform yang siap mendukung visitor yang menggunakan smartphone / mobile device.

.

comments powered by Disqus